Pantai Parangtritis; Icon Pantainya Jogja

Pantai Parangtritis — Ada satu pantai yang cukup terkenal di Yogyakrta. Namanya Pantai Parangtritis.Pantai ini menyimpan berbagai keunikan, mulai dari mitosnya, sejarah, ritual sampai ubo rampe wisata Pantai Parangtritis seperti kulier dan fasilitas-fasilitas lain.

Nah, kiranya kurang lengkap bila ingin menulis wisata Jogja namun belum menulis Pantai Parangtritis. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tuntas salah satu icon pantai di Yogyakarta— Pantai Parangtritis.

Sejarah Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Sumber Gambar 1001malam.com

Setiap tempat di Jogja hampir semuanya memiliki sejarah. Tak terkecuali dengan Pantai Parangtritis. Konon, dahulu ada seseorang yang sedang menjalani pelarian dari Kerajaan Majapahit. Ia bernama Dipokusumo.

Dipokusumo pun berlari ke arah selatan dan menemukan sebuah pantai yang tenang, sepi dan hening. Ia pun mulai bersemedi.

Di tengah pertapaannya, ia melihat ada karang yang pelan-pelan namun pasti mulai meneteskan air ke bawah. Dari situlah Dipokusumo menamakan pantai tersebut dengan nama Pantai Parangtrritis. ‘Parang’ artinya karang, sedangkan ‘tritis’ artinya menetes.

Versi kedua mengenai sejarah Pantai Parangtritis lekat mengenai Ratu Nyi Roro Kidul. Ceritanya, pada zama Kerajaan Majapahit, ada seorang wanita bernama Ratna Suwida. Ia berniat untuk bertapa dengan tujuan ingin mencari ilmu menguasai Jawa dan Pantai Selatan.

Di tengah-tengah khusyuknya pertapaan, Ratna Suwida bertemu dengan salah seorang laki-laki yang diketahui berasal dari Kerajaan Pajajaran. Ternyata, laki-laki tersebut merupakan keponakan Ratna Suwida sendiri.

Sebab kecantikan Ratna Suwida, laki-laki tersebut memiliki niat untuk menikahi Ratna Suwida, namun Ratna Suwida meolaknya lataran masih ada hubungan darah.

Ratna Suwida pun kemudian berjanji, manakala ia bisa mebguasai tabah Jawa, ia akan menikah dengan seluruh keturunan dari lelaki tersebut.

Konon, sejak  itulah Raja-raja Jawa menikah dengan Nyi Roro Kidul. Dan menurut cerita, legenda itulah awal mula Keraton Yogyarkarta memiliki hubungan dengan Ratu Nyi Roro Kidul.

Mitos Paling Terkenal di Pantai Parangtritis

Gambar Pantai parangtritis
Sumber Gambar Twisata.com

Jika Anda pernah pergi ke Pantai Parangtrtis, mungkin Anda akan mendengar beberapa mitos yang cukup familiar, salah satunya setiap pengunjung yang datang dilarang untuk meggunakan pakaian berwarna hijau.

Konon, ceritanya ada seorang ratu yang menyukai warna hijau, ia adalah Ratu Nyi Roro Kidul. Karena Nyi Roro Kidul menyukai warna hijau, apapun yang ada di wilayah pantai akan ia ambil. Termasuk salah satunya para wisatawan yang mengenakan baju hijau.

Mitosnya, Nyi Roro Kidul akan mengambil orang yang mengenakan pakaian hijau dan menjadikannya sebagai abdi di Kerajaan Pantai Selatan. Istilah yang lain, jika pengunjung wisatawan menggunakan pakaian hijau, ia akan tenggelam diambil Ratu Nyi Roro Kidul.

Namun, tahukah Anda mengenai mitos tersebut? Menurut juru kunci di Pantai Paragtritis, yang dimaksud jangan ada pegunjung yang mengenakan baju warna hijau lantaran warna air laut di Pantai Parangtritis juga berwarna kehijauan.

Sebenarnya larangan penggunaan pakaian warna hijau tersebut digunakan untuk mengantisipasi mana kala terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Bila pengunjung terseret arus ombak, namun mengenakan pakaian warna hijau, TIM SAR akan kesulitan mencari korban.

Kesulitan tersebut salah satunya dikarenakan warna baju yaag tersamar dengan air laut sehingga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, sulit untuk ditelusuri.

So, bagi Anda yang pernah mendengar cerita di atas, cerita tersebut hanyalah mitos belaka. Semata-mata untuk menjaga keselamatan para wisatawan yang berkujung ke Pantai Parangtritis.

Rute Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis jOGJA
Sumber Gambar koswisata.com

Sebenarnya cukup mudah untuk bisa sampai ke Pantai Parangtirits. Ada 2 jalur yang bisa Anda lewati, bila Anda dari Kota Jogja, Anda bisa melalui Jalan Imogiri Barat.

Melalui Jalan Imogiri Barat, Anda bisa lurus ke Selatan. Terus saja ke Selatan, nantinya Anda akan bertemu di TPR Pantai Parangtritis. Lurus saja sekitar 1 Km, Anda akan segera sampai. Rute Jalan Imogiri Barat adalah pilihan rute bagi Anda yang menginginkan lewat jalan raya.

Rute ke-2 yang bisa Anda lalui dari Kota Jogja, Anda bisa mengambil arah menuju Terminal Giwangan. Sampai di perempatan Terminal Giwangan, ambil arah ke Selatan melalui jalan Imogiri Timur.

Lurus saja melewati desa Kebon Agung, kemudian masih lurus ke Selatan melewati Kretek Siluk. Selepas Ketek Siluk, ambil belok kanan dan ikuti jalan beraspal. Melalui rute ini, Anda akan melewati jalan yang kadang naik dan kadang turun.

Di sepanjang perjalanan, Anda akan banyak melihat persawahan yang masih luas. Anda juga bisa melihat asrinya suasana desa. Sampai menthok di pertigaan, ambil ke kiri dan lurus saja sampai TPR. Sampai di TPR, Anda lurus saja dan Anda akan segera sampai di Pantai Parangtritis.

Alamat Pantai Parangtritis itu sendiri Ada di Jalan Parangtrtitis Km. 28 Yogyakarta.

Pantai Parangtrtisi Icon Pantai di Jogja

Wisata Pantai Parangtritis
Sumber Gambar liauprut.com

Bila menyebut pantainya Jogja, ya jawabannya Pantai Parangtritis. Di hari-hari biasa, pantai ini masih ramai, apalagi menjelang liburan, jalan mcet dan pantai akan penuh dengan para wisatawan.

Terlebih bila selepas lebaran, pengunjung di Pantai Parangtritis bisa mencapai ribuan pengunjung baik dari Jogja maupun luar daerah. Hal ini dikarenakan Pantai Parangtritis mempunyai daya tarik tersediri.

1. Sunset Terbaik

Bila Ada ingin melihat sunset yang indah, Anda bisa berkunjung ke Pantai Parangtritis. Ada baiknya Anda datang lebih awal sehingga Anda bisa naik ke atas tebing untuk melihat pantai sampai batasnya. Anda juga bisa mengambil foto sunset dan mengabadikanya.

2. Ritual di Pantai Parangtritis

Bila Anda sering datang ke Pantai Parangtritis, Anda juga terkadang bisa menyaksikan ritual budaya di Pantai Parangtritis. Bila tidak keliru, biasanya dilakukan setiap tahun baru atau bertepatan dengan hari-hari bersejarah Jogja.

3. Pasir yang Bersih dan Luas

Pantai Parangtritis memiliki pesisir pantai pasir yang luas dan bersih. Tak heran bila setiap tahunnya pengunjung Pantai Parangtritis ini bisa meningkat. Selain bisa bermain pasir, Anda juga bisa bermain bola. Pasir di Prangtritis tidak begitu curam sehingga cocok untuk bermain bola.

Tips Berlibur ke Pantai Parangtritis

Bila Anda akan berlibur di Parangtritis, ada beberapa tips. Pertama, terkait pemberangkatan Anda, bila Anda berangkat di hari libur, datanglah di pagi hari. Hal tersebut bisa mencegah Anda mengalami kemacetan.

Bila Anda ingin menginap, Anda juga bisa memboking terlebih dahulu agar kebagian. Ya, pengunjung di Parangtritis dari tahun ke tahun semakin meningkat, maka diperlukan kecekatan.

Bila Anda mengajak anak kecil, usahakan semua ada dalam pantauan Anda. Temani semua anak-anak Anda ketika bermain air laut, sebab ombak di Pantai Parangtritis termasuk pantai yang memiliki ombak besar.

Studi Tour ke Parangtritis

 Di Pantai Parangtritis Jogja
Sumber Gambar iyakan.com

Apabila Anda menginginkan liburan yang berkualitas, namun Anda menginginkan perjalanan yang simple, ada baiknya Anda menggunakan jasa Studi Tour Yogyakarta.

Bersama Tour Yogyakarta, Anda akan menikmati pantai paragtritis lebih dari para pengunjung lainnya. Anda bisa berwisata sembari belajar seperti halnya bertemu dengan juru kunci, mencari informasi tersembunyi dan lain sebagainya.

Anda juga akan diberikan berbagai pelayanan seperti tempat menginap, kuliner, oleh-oleh dan berbagai fasilitas lain yang mendukung kegembiraan Anda ketika berliburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *