Menyibak Pesona Alam di Hutan Pinus Imogiri Jogja

Hutan Pinus Imogiri — Di zaman ini, para wisatawan lebih cerdas. Pasalnya, mereka berlibur bukan hanya ingin melihat pemandangannya saja, lebih dari itu, tempat wisata diharapkan juga ada value lebih.

Seperti yang akan saya sampaikan pada tulisan kali ini. Sebuah tempat yang akan memberikan Anda kesegaran alami, pemandangan yang indah, sekaligus manfaat-manfaatnya.  Wisata tersebut tidak lain adalah wisata Hutan Pinus Imogiri.

Sejarah Hutan Pinus Mangunan

hutan pinus imogiri Dlingo
Sumber Gambar piknikdong.com

Dahulu, sebelum Hutan Pinus ini menjadi destinasi wisata yang sangat populer, Hutan Pinus ini merupakan kawasan yang tandus dan gersang.

Dikutip dari Jogja Post, kawasan Hutan Pinus yang tandus dan gersang ini disebabkan oleh adanya eksploitasi kayu-kayu besar beberapa puluh tahun lalu. Hal itulah yang menyebabkan kawasan Hutan Pinus dahulunya terasa panas dan cukup membuat tidak nyaman.

Hingga pada kemudian hari, kawasan yang dahulunya gersang da tandus pun pelan-pelan direboisasi. Bukan hanya Pohon Pinus saja, pohon-pohon besar lain seperti Pohon Akasia, Pohon Mahoni, Pohon Kemiri dan Pohon Kayu Putih pun terdapat di kawasan hutan pinus mangunan.

Pohon-pohon tersebut kemudian ditanam di kawasan lahan tanah yang mempunyai luas kurang lebih sekitar 500 ha. Kawasan yang dahuluya tandus, kini pun mejadi eyub (teduh) dan cocok banget buat ngadem (mendiginkan badan).

Tahukah Anda, selain menjadi hutan lindung, saat ini Hutan Pinus Imogiri juga menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer. Selain hawanya yang sejuk, jalan yang tak terlalu sulit untuk ditempuh, juga sebagai tempat untuk menikmati belantara berupa Hutan Pinus.

Fasilitas di Hutan Pinus Imogiri

Bila Anda berlibur ke Hutan Pinus Imogiri, ada beberapa fasilitas yang bisa Anda dapatkan. Selain harga yang murah meriah, juga terdapat fasilitas lain seperti kamar mandi, gardu padang, panggung pertunjukan dan warung-warung masyarakat yang pas banget buat nongkrong atau sekedar istirahat.

Tenang dan jangan khawatir bila Anda hanya membawa uang sedikit. Sebab, jajan di tempat warung-warung di sana tidak akan menghabiskan biaya besar. Paling-paling Anda jajan Rp.10.000,- sudah kenyang hehe…

Selain fasilitas di atas, bagi Ada yang beragama muslim, disediakan pula mushola yang bersih. Anda bisa khusyuk beribadah di sana ditemani alam nan siul burung-burung merdu.

Tempat Hunting Foto Terbaik

hutan pinus Jogja
Sumber Gambar Blogreservasi.com

Salah satu value yang menjadi daya tarik Hutan Pinus adalah hutannya yang sangat mempesona ketika dijadikan hunting foto. Bahkan, beberapa orang mengatakan bahwa Hutan Pinus memiliki hunting foto yang sangat menarik dan terbaik

Biasanya, tempat hutan pinus ini dijadikan untuk fotografer bagi pasangan bru yang akan menikah. Selain panorama alamnya yang indah, asri dan segar, Hutan Pinus juga mampu menyibak rahasia pesona alam.

Bagi Anda yang gemar berburu foto, barangkali  ketika membayangkan Hutan Pinus ini, Anda akan berpikiran mirip seperti tempat-tempat yang memiliki suasana seperti di film-film Hollywood.

Misalnya seperti film Twilight. Mungkin Anda akan takjub karena Hutan Pinus ini hampir meyerupai kawasan yang ada di sana. So, bila Anda ingin pergi ke area shooting Twilight, Anda bisa datang saja ke Hutan Pinus. Dijamin akan lebih bagus hehe…

Selain value di atas, ada juga value yang bernilai sejarah. Di Hutan Pinus Imogiri, terdapat juga mata air bernama Mata Air Bekung. Tempat mata air ini merupakan tempat yang dahulunya digunakan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma sebagai tempat pertapaan.

Berdirinya Mata Air Bengkung itu sendiri sekitar tahun 1925 hingga 1930. Untuk bisa menuju sumber air yang dibangun pemerintah tersebut, ada beberapa alternatif jalan yang bisa Anda tempuh, antara lain trekking dari tempat parkir menembus huta yang rapat. Setelah itu Anda bisa meNgikuti jalur outbound.

Alternatif kedua, Anda bisa menggunaka jalan melingkar. Jalan ini lebih direkomedasikan untuk Anda sebab lebih menjami keamanan dan kenyamanan.

Akses Menuju Hutan Pinus Imogiri

hutan pinus di Jogja
Sumber Gambar Lookjogja.com

Hutan Pinus Imogiri beralamat di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jika Anda memulai perjalanan Anda melalui Ring Road Selatan atau lebih tepatnya dari arah Gamping, selanjutnya Anda mengikuti petunuk arah Parangtritis menuju Kecamatan Dlingo.

Selanjutya, teruskan perjalanan Anda mngikuti papan petujuk arah ke Kebun Buah Mangunan . Bila sudah sampai di Kebun Buah Magunan, lurus saja sekitar kurang lebih 1 Km, ikuti saja jalan aspal.

Hati-hati setelah melwati jalan di atas, Anda akan melewati jalan menanjak. Anda harus tetap fokus dan berkonsentrasi agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Jam Buka dan Tiket Masuk Hutan Pinus Imogiri

Ada yang bilang bahwa hutan pinus merupakan tempat wisata yang cocok bagi Anda yang suka backpaperan. Memang benar, di Hutan Pinus, tidak ada jam buka dan jam tutup. Hutan Pinus Imogiri meyediakan fasilitas open 24 jam full.

Anda pun bisa menikmati wisata hutan pinus dengan Cuma-cuma alias gratis. Di Hutan Pinus sendiri, sampai saat ini belum memiliki loket pembayara sehingga masih gratis.

Namun, meskipun biaya masuknya free, Anda tetap diharuskan untuk membayar parkir kendaraan bila Anda mengendarai kendaraan pribadi. Biaya untuk parkir sepeda motor sebesar Rp. 2000,- rupiah dan Rp.4000,- untuk kedaraa roda 4.

Tips Berlibur ke Hutan Pinus Imogiri

hutan pinus imogiri
Sumber Gambar jauharoh.com

Sesuai pengalaman saya, saya ingin membagikan tips kepada Anda yang sudah maupun akan berlibur ke Hutan Pinus. Karena Hutan Pinus merupakan kekayaan alam, maka sepatutnya kita jaga bersama.

1. Buang Sampah pada Tempatnya

Hal yang perlu ditekankan di tempat wisata alam adalah kebersihannya. Maka dari itu, kita sebagai pengunjung hendakya turut mejaga kebersihan Hutan Pinus dengan membuag sampah pada tempatnya.

2. Tidak Merokok

Bila Anda datang ke Huta Pinus, usahakan Anda tidak merokok. Hal ini dikarenakan wilayahnya yang sebagian besar berupa hutan sehingga bila Anda lalai ketika membuang puntung rokok, kejadian yang tak diinginkan bisa saja terjadi.

3. Kendaraan Pribadi

Bisakah menuju Hutan Pinus menggunakn angkutan umum? Karena wilayahnya yang tak dilewati angkutan umum, ada baikya Anda meggunaka kendaraan pribadi. Atau, Anda juga bisa menyewa seorang guide.

4. Bawa Bekal Makanan

Jika Anda berlibur ke Hutan Pinus, ada baiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Hal tersebut untuk berjaga-jaga apabila perut Anda keroncongan. Sebab, di Hutan Pinus Imogiri tidak setiap saat terdapat warung-warung yang menjajaka jajananya. Sepertinya hanya di saat hari-hari besar saja.

Study Tour ke Hutan Pinus

Bila Anda meginginkan liburan ke Hutan Pinus, namun Anda sangat repot, Anda bisa memanfaatkan bantuan dari jasa Study Tour Yogyakarta.

Berbagai fasilitas telah disediakan buat Anda baik alat transportasi, bekal-bekal seperti makanan, miuman dan tentu saja pengetahuan mengenai tempat wisata Hutan Pinus Imogiri.

Anda pun bisa berangkat secara sendirian maupun berombongan. Bila Anda berangkat secara rombongan, Anda bisa memberitahukan kepada kami sebelumnya agar kami bisa mempersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Adapun bila Ada seorang diri, Anda bisa menghubungi kami kapan saja Anda mau. Kami akan menemani Anda mengunjungi tempat wisata Hutan Pinus.

****

Demikianlah pemaparan wisata Hutan Pinus Imogiri, bila Anda belum pernah mengunjunginya, Anda bisa merencanakan untuk liburan esok hari.

Kami Tour Yogyakarta mengucapkan selamat berlibur di Yogyakarta, bila ada bantuan yang bisa kami berikan, Anda bisa meghubungi Tour Yogyakarta, tentu saja kami mengutamaka kenyamanaan dan kepuasan liburan Anda.

 

Ditunggu ya, kapan ke jogja lagi?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *