Menikmati Kesejukan Wisata Gua Pindul Jogja

Gua Pindul Jogja — Salah satu tempat tujuan wisata di Indonesia yang menawan selain Bali banyak yang beranggapan adalah daerah Jawa termasuk Yogyakarta. Mulai dari keraton Jogja yang khas, air terjun, pantai hingga gua bisa Anda temukan di Jogja.

Gua Pindul Jogja
Sumber Gambar paketwisatajogja75.com

Salah satunya Wisata Gua Pindul Jogja yang mulai dilirik oleh wisatawan domestik maupun macanegara. Gua ini sudah lama terbentuk namun tidak ada yang tahu pasti kapan gua ini terbentuk.

Konon Wisata Gua Pindul Jogja terbentuk melalui proses alami mungkin berjuta-juta tahun yang lalu. Tiada unsur buatan manusia sedikitpun yang terbentuk  seperti lorong-lorong.

Sebelum area ini menjadi situs tempat wisata Gua Pindul Jogja dijadikan tempat beraktivitas seperti mandi, mencuci pakaian dan memancing oleh warga sekitar.

Keasliannya pun masih terjaga terlihat meskipun digunakan untuk mandi namun air yang mengalir dan bersih karena tidak terkontaminasi apapun.

Selain untuk aktivitas mandi warga sekitar juga mengunakannya untuk mencuci pakaian setiap harinya. Namun karena situs ini berubah menjadi tempat wisata apabila matahari sudah menunjukkan kilaunya warga dilarang untuk mencuci pakaian.

Selain itu juga menjadi tempat memancing yang strategis karena sungai digua ini dipenuhi ikan-ikan yang bisa menjadi lauk pauk bagi warga sekitar.

Pada tahun 2010 mahasiswa UGM di Yogyakarta melakukan kuliah kerja nyata (KKN) untuk meneliti bebatuan dan kedalaman air didalam gua. Namun setelah melihat keindahan dari Gua Pindul muncul pemikiran dan gagasan bahwa gua ini pantas dijadikan sebuah obyek wisata.

Menindak lanjuti ide mahasiswa tersebut akhirnya beberapa bulan kemudian dilaksanakan penelitian mendalam apakah gua ini layak menjadi obyek wisata termasuk dari segi keamanan yang paling utama.

Akhirnya Gua Pindul Jogja yang dulunya hanya warga sekitar yang berani masuk itu pun dengan bantuan penerangan dan keterbatasan alat. Sekarang sudah menjadi obyek wisata dengan minat khusus.

Namun karena masih dianggap sakral hingga sekarang tidak ada yang berani masuk terlalu dalam. Dari yang semula memiliki rasa takut sebelum masuk pintu gua tetapi setelah masuk kedalam rasa takut menjadi hilang karena tertutup oleh keindahan panorama didalam.

Wisatawan tidak perlu takut untuk menyusuri tebing dan lorong gua karena keamanan dijamin oleh pengelola dan pemandu tempat wisata ini. Dengan peralatan safety seperti rompi atau jaket pelampung yang disediakan sudah memenuhi prosedur tim SAR.

Di mana rompi ini mampu menahan berat badan lebih dari 100 kg Anda tetap mengambang di permukaan air. Untuk menyusuri tebing dilengkapi peralatan ban dalam besar (tube) yang telah dimodifikasi dengan pengait berupa tali menyilang ditengah yang berfungsi sebagai tempat duduk diatas air.

Peralatan pun disediakan dengan tiga ukuran berbeda sesuai size untuk anak-anak, sedang (orang dewasa) dan besar (jumbo) yang memiliki berat badan berlebih.

Konon asal-usul gua pindul di Jogja yang diambil dari sebuah dokumen yang berjudul Sejarah Asal-Usul Gua Pindul. Sebagaimana tempat wisata lain yang memiliki kisah dan cerita sendiri. Berikut kutipan asal usul gua pindul tersebut.

Asal-usul Gua Pindul

study tour gua pindul
Sumber Gambar justgola.com

“Asal Usul Goa Pindul” Goa Pindul,berasal dari kisah perjalanan Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan yang di utus oleh Panembahan Senopati Mataram,untuk membunuh bayi laki-laki buah cinta Putri Panembahan Senopati.

Dalam perjalanannya,kedua Abdi itu sepakat untuk tidak membunuh sang bayi. Keduanya lalu pergi kearah timur yaitu ke (arah Gunungkidul),sementara itu sang bayi terus menangis,kedua utusan itupun memutuskan untuk memandikan sang bayi.

Ki Juru Mertani naik ke salah satu bukit dan menginjak tanah di puncak bukit,dengan kesaktiannya tanah yang diinjak pun runtuh dan mengangalah sebuah lubang besar dengan aliran air dibawahnya, kemudian sang bayi dimandikan di dalam goa di lubang tadi.

Saat dimandikan “pipi” sang bayi terbentur (jawa = kebendul)batu yang ada didalamnya. Karena peristiwa tersebut akhirnya goa itu dinamakan Goa Pindul (Pipi Kebendul).”

Posisi Gua Pindul

wisata gua pindul
Sumber Gambar infojalanjalan.com

Gua Pindul Jogja ini tepatnya berada di Gunung Kidul, akan memberikan petualangan yang berbeda dengan gua yang masih alami dan pemandangan yang eksotis dengan menjelajahi wisata air yang menggugah rasa kagum Anda.

Sambil menyisir gelapnya gua sensasi petualangan dengan keindahan stalagtit dan stalagmit yang indah nan cantik serta menawan akan memberikan pengalaman yang unik buat wisatawan.

Dinginnya air yang sungai yang bisa Anda rasakan melalui sentuhan yang merasuk kedalam jiwa. Di dalam gua ini juga terdapat ornamen cantik seperti batu kristal, moonmilk dan sebuah pilar besar (raksasasa) yang terbentuk melalui proses pertemuan stalaktit dan stalagmit yang umurnya mencapai ribuan tahun. Di dalam gua masih dipenuhi kelelawar dan ditengah gua ada tempat dimana yang serupa dengan kolam besar.

Di kolam besar ini oleh wisatawan biasanya digunakan sebagai tempat peristirahatan sejenak mulai dari berenang atau terjun dari ketinggian. Setiap wisatawan dianjurkan membawa pemandu/guide dari pengelola untuk keamanan.

Pengelola di sini terdiri dari 10 provider yang dibagi menjadi dua bagian yakni resmi (official) dan tidak resmi (non official). Sehingga wisatawan terjamin keamanannya selama menikmati sensasi sungai bawah air di Gua Pindul Jogja.

Study Tour Gua Pindul

Di Gua Pindul terdapat batu yang mempunyai bentuk unik yang dinamakan batu tirai, Anda juga akan melihat kemerlip cahaya batu kristal di balik batu ini, saat pemandu mengarahkan lampunya.

Sebelum sampai di finish penyusuran, dari dalam anda akan melihat cahaya indah yang terlihat dari atas, inilah yang di sebut cahaya surga yang tersembunyi di Jogja (istilah yang nge-trend: The Hidden Paradise Of Jogja).

Indonesia memiliki banyak kekayaan alam yang menyimpan sejuta alam wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang terdengar hingga ke seluruh penjuru dunia.

Jadi kita harus bangga sebagai warga negara Indonesia yang lahir dan tumbuh besar di tanah air tercinta ini. Banyak masyarakat lokal yang berwisata ke luar negeri padahal belum tentu mereka melihat semua keindahan alam yang ada di Indonesia.

Bahkan banyak wisatawan mancanegara dan turis asing yang berlibur menghabiskan waktunya untuk menikmati keindahan alam dari sang pencipta di Indonesia.

Bisa kita ingat dari raja Arab yang beberapa waktu lalu menunda kepulangannya dari Indonesia karena masih ingin menikmati keindahan alam yang ada di Bali.

Meskipun harus kehilangan sejumlah uangnya karena harus menunda 3 hari kepulangannya dengan dana yang tidak sedikit karena membawa rombongan yang begitu banyak.

Meskipun dikalangan pecinta alam Gua Pindul Jogja begitu populer namun sayangnya bagi sebagian kalangan masih kurang populer. Sehingga tak heran jika banyak yang kurang tau arah dan rute untuk mencapai gua pindul ini.

Bahkan masih ada yang belum tau gua pindul di Jogja yang menyimpahan keindahan alam gua dari masyarakat Indonesia itu sendiri. Ini berarti menjadi pekerjaan rumah bagi pengelola untuk memajukan daerah ini agar lebih dikenal oleh wisatwan lokal maupun mancanegara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *