Kekayaan Seni Desa Wisata Kasongan

Desa Wisata Kasongan  — Pernahkah Anda mengunjungi desa Wisata Kasongan? Jika Anda pernah mengunjungi Yogyakarta tapi belum pernah ke tempat ini sangat disayangkan. Desa Wisata Kasongan biasa dijadikan obyek wisata favorit di Yogyakarta apalagi jika Anda mempunyai hobi mengoleksi kerajinan gerabah, keramik,  artefak dll.

Untuk lebih mengetahui mengenai desa wisata Kasongan yang terletak di pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini, sebaiknya Anda simak artikel berikut.

Sejarah Desa Wisata Kasongan

Kerajinan Kasongan
http://rentalmobiljogja.id/desa-wisata-kasongan/

Tak lengkap rasanya jika kita ingin mengenal desa wisata Kasongan namun tidak mengenal sejarahnya. Menurut cerita masyarakat, sejarah desa wisata Kasongan berawal dari kisah kematian seekor kuda milik Reserse Belanda di atas persawahan milik seorang warga di sebuah desa bagian selatan Kota Yogyakarta.

Atas kasus tersebut, si pemilik tanah takut dijatuhi hukuman oleh orang Belanda yang waktu itu memang menjajah  Indonesia. Pemilik tanah tersebut memutuskan untuk melepaskan hak kepemilikan tanahnya, kemudian diikuti oleh warga lainnya yang juga takut akan dijatuhi hukuman oleh Belanda.

Sejumlah tanah persawahan itu akhirnya diakui oleh warga desa lain. Penduduk yang tidak memiliki tanah persawahan tadi akhirnya memulai kegiatan baru di sekitar rumahnya, yaitu mengolah tanah liat yang ternyata tidak pecah jika diempal-empalkan untuk perlengkapan dapur dan juga untuk mainan.

Seiring dengan berjalannya waktu, hasil karya warga desa berupa barang-barang kerajinan dari tanah liat atau lebih dikenal dengan kerajinan gerabah atau tembikar itu lama kelamaan dikembangkan menjadi lebih variatif sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar.

Sekarang, barang kerajinan di Desa wisata Kasongan bukan hanya barang-barang dari tanah liat atau gerabah saja, tetapi juga warga desa wisata kasongan memanfaatkan bahan-bahan lainnya yang terdapat di lingkungan sekitar seperti, batok kelapa, bambu, rotan, kayu, dan lainnya untuk diolah menjadi barang hiasan yang memiliki nilai lebih tinggi. Keahlian membuat gerabah ini diwariskan turun-temurun hingga menjadikan Desa Kasongan sebagai ikon desa wisata gerabah di Kabupaten Bantul.

Sudah tidak asing lagi jika Desa Wisata Kasongan ini merupakan surga bagi kolektor gerabah antik. Tahun 1971 menjadi tonggak bangkitnya usaha kerajinan gerabah di Kasongan Bantul. Seorang seniman besar Kota Jogja, Sapto Hudoyo, membina masyarakat di Kasongan yang notabene bekerja serabutan untuk mengembangkan seni olah gerabah di daerah mereka.

Gerabah yang sebelumnya diremehkan keberadaannya menjelma sebuah seni yang tidak membosankan, dinamis, dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Lambat laun, keramik Kasongan mulai dikembangkan dalam skala besar pada 1980an oleh Sahid Keramik.

Desa Wisata Kasongan Sentra Industri Keramik

Wisata di Desa Kasongan Jogja
http://desysusanti28914002.blogspot.co.id/

Bukan rahasia lagi jika desa Wisata Kasongan ini merupakan daerah pemukiman para kundi, buyung atau gundi, yang artinya orang yang membuat sejenis buyung, gendi, kuali dan lainnya yang tergolong peralatan memasak, juga barang hiasan yang terbuat dari tembikar atau tanah liat.

Desa wisata Kasongan hingga saat ini menjadi salah satu tujuan desa wisata di Yogyakarta yang banyak diminati oleh wisatawan domestik dan wisatawan asing. Jika Anda kemari Anda akan melihat deretan rumah-rumah galeri yang menawarkan barang-barang kerajinan dari gerabah serta dari bahan lainnya seperti guci, lampu hias, pot bunga, miniatur alat transfortasi (becak, sepeda, mobil).

Aneka tas, patung, souvenir untuk pengantin, serta hiasan lainnya yang menarik untuk dipajang di rumah pun akan Anda temui di Desa wisata Kasongan ini. Desa ini telah berhasil menarik perhatian para kolektor seni di tanah air. Ada berbagai produk unggulan yang ditawarkan oleh para seniman keramik seperti keramik guci, air mancur, patung Buddha, bahkan terra cotta.

Tidak ketinggalan produk legendaris yang ditawarkan oleh Desa wisata Kasongan adalah patung Loro Blonyo. Patung Loro Blonyo adalah patung sepasang pengantin yang dipercaya akan memberikan keberuntungan jika ditaruh di dalam rumah. Patung ini pertama kali diknalkan oleh Galeri Loro Blonyo yang diadopsi dari patung pengantin milik Kraton Yogyakarta.

Kita bisa menjumpai patung Loro Blonyo ini dalam berbagai pose. Hal ini membuat variasi sendiri dari patung legendaris tersebut. Patung ini juga bisa dijadikan sebagai hadiah bagi pengantin baru yang baru menikah.

Perbedaan produk di Desa wisata Kasongan dengan tempat lain adalah keunikan produknya yang menggunakan tahap akhir pembuatannya memakai bahan alami yang memakai cat sebagai media sentuhan akhir. Ini yang menyebabkan guci dari Desa wisata Kasongan relatif lebih awet dan jadi incaran wisatawan domestik maupun asing.

Pilihan warna dan motifnya juga mencerminkan jika kerajinan gerabah di Desa wisata Kasongan ini mempunyai estetika yang tinggi. Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang proses pembuatan kerajinan gerabah, Anda bisa mendatangi beberapa galeri yang menawarkan kursus singkat pembuatan kerajinan gerabah.

Harga Kerajinan di Desa Wisata Kasongan

Desa Wisata Kasongan
http://www.lihat.co.id/wisata/desa-wisata-kasongan.html

Berbicara mengenai harga gerabah maupun kerajinan keramik di Desa wisata Kasongan sangat bergantung pada tingkat kesulitan produksi dan ukurannya. Harga kerajinan di tempat ini memang variatif di mulai dari harga lima ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Keramik yang paling murah yaitu berupa souvenir asbak, patung mini, tempat pensil, dan wadah lilin.

Seiring perkembangan zaman yang menuntut nilai estetika dan modern, kerajinan di Desa wisata Kasongan ini juga bermetamorfosis hingga menghasilkan produk yang mewah dan modern. Hal ini dilakukan lewat finishing yang menarik. Mozaik berupa potongan keramik kecil menambah kesan elok dari seni kerajinan tangan ini.

Sentuhan mewah, kontemporer dan glamor menambah keindahan guci klasik yang di tawarkan oleh seniman Desa wisata Kasongan. Penampilan yang mewah dan menarik membuat harganya melonjak memang pantas untuk dijadikan hiasan rumah Anda.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan harga yang murah, Anda bisa menggunakan keterampilan Anda untuk menawar keramik maupun gerabah yang disukai pada penjual di Desa Wisata Kasongan.

Study Tour Desa Wisata Kasongan

Study Tour Desa Wisat kasongan
http://santapjogja.com/desa-wisata-kasongan-surga-bagi-kolektor-gerabah-antik/

Bagi Anda yang tertarik dengan Desa wisata kasongan ini terutama bagi Anda para kolektor dan para seniman, tunggu apa lagi ayo ajak keluarga ataupun teman untuk berburu barang antik ke Desa Bangunjiwo!

Berlibur ke Yogyakarta terutama untuk mengunjungi Desa wisata Kasongan ini Anda bisa melakukan perjalannanya sendiri atupun bersama teman maupun keluarga. Namun, bagi Anda yang praktis dan tidak mau ribet saat melakukan perjalanan, Anda bisa memanfaatkan para guide yang menyediakan paket study tour ke Desa wisata Kasongan ini.

Jika Anda memang berniat untuk memakai jasa guide, Anda bisa langsung menghubungi kami. Tentunya kami menyediakan fasilitas  yang lengkap berupa alat transportasi, penginapan, makanan dan guide yang akan mendampingi dan menceritakan perjalanan Anda.

Selain itu, Anda bisa mengajak rombongan Anda untuk berlibur ke Desa wisata Kasongan ini. Anda hanya tinggal menghubungi kami dan memberikan informasi mengenai berapa jumlah rombongan juga apa yang perlu dipersiapkan, kami bersedia untuk melayani dan memberikan yang terbaik untuk Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *