Menghirup Udara Segar Di Berbagai Desa Wisata Jogja

Desa Wisata Jogja  — Berkunjung dan berlibur ke desa wisata bisa Anda masukkan kedalam daftar saat berlibur ke Yogyakarta bersama keluarga tercinta. Dengan wilayah yang terbilang kecil, Yogyakarta mampu memberikan banyak alternatif tempat kunjungan wisata terbaik.

Tugu Jogja
http://pertamakali.com/2016/07/tips-liburan-murah-di-jogja.html

Salah satu yang menjadi destinasi favorit saat ini adalah destinasi yang bisa memberikan pengalaman berbeda dari liburan ke tengah kota, yakni desa wisata. Terdapat puluhan desa yang pemerintah tetapkan sebagai desa wisata. Setiap desa memberikan keunggulan dan ciri khasnya masing-masing.

Kami akan mengenalkan kepada Anda, daftar berbagai desa wisata yang ada di Yogyakarta, diambil dari berbagai kabupaten yang ada seperti Kabupaten Sleman, Bantul, Gunungkidul, bahkan Kulon Progo,  rekomendasi liburan Anda bersama keluarga.

Desa Wisata Brayut

Desa pertama yang akan kami perkenalkan adalah DesaWisata Brayut. Desa yang terletak di Brayut, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta ini merupakan desa budya berbasis pertanian. Suasana desa yang masih alami membuat Anda akan merasakan sejuknya alam. Terlebih di desa ini terdapat arena outbound.

Berkunjung ke Desa Wisata Brayut, Anda akan merasakan langsung bagaimana menjadi orang desa lengkap dengan segala rutinitasnya seperti menanam padi, membajak sawah, menangkap ikan langsung di kolamnya, dan mandi di sungai yang jernih.  Selain bertani Anda juga bisa belajar membatik dan belajar memainkan gamelan.

Desa Wisata Kembang Arum

Desa wisata selanjutnya yaitu Desa Wisata Kembang Arum. Desa wisata yang mengusung konsep desa wisata edukasi atau pendidikan ini terletak di Kembang Arum, Donokerto, Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Terdapat fasilitas kolam pemancingan ikan dan kolam renang alami khusus untuk Anda.

Selain itu, berkunjung ke desa ini sebaiknya Anda bawa keluarga terutama anak-anak, karena di Desa Wisata Kembang Arum disediakan pembelajaran seni, budaya dan lingkungan alam. Sehingga Mereka bisa belajar melukis dengan ditemani gemericik air sungai dan kicauan burung.

Desa Wisata Kelor

Desa wisata ini terletak di Kelor, Bangun Kerto, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata ini memang sangat asri dan masih terjaga keindahan alamnya. Desa ini menyediakan area perkemahan dan berbagai wahana permainan yang seru, seperti permainan berbahan karet, jembatan buatan di atas kolam, hingga permainan flying fox.

Desa Wisata Kelor ini juga menawarkan rumah Joglo bagi Anda yang ingin tinggal di rumah Joglo. Seperti yang kita ketahui bahwa rumah Joglo adalah rumah khas tradisional orang Yogya, rumah adat ini terbuat dari kayu jati pilihan. Jika Anda berkunjung ke sini, Anda akan merasakan sensasi tinggal di rumah Joglo.

Desa Wisata Gilangharjo

Seteah tadi mengenal desa wisata yang ada di Kabupaten Sleman, kali ini kami akan mengenalkan destinasi desa wisata Gilangharjo yang berada di Gilangharjo, Pandak, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Di desa Gilangharjo, Anda bisa menikmati Outbond sambil belajar melukis topeng, wayang bahkan belajar membatik. Anda juga bisa menyaksikan berbagai pertunjukan seni tradisional seperti pertunjukan gamelan bertopeng, karawitan, Jedhog Lesung oleh para ibu setempat yang mendendangkan alunan nada dari kayu yang berusia lebih dari 100 tahun.

Desa Wisata Candran

Desa wisata di Bantul selanjutnya adalah Desa Wisata Candran. Desa ini terkenal sebagai kampung tani internasional, bahkan kita bisa ikut belajar bertani bersama dengan turis asing. Desa cantik ini terletak di Dusun Mandingan, Kebonagung, Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Uniknya Desa Wisata Candran ini mempunyai sebuah museum yang menyimpan berbagai peralatan tani tradisional seperti luku, garu, singkal, kejen, sambilan, lading dan caping serta berbagai peralatan pertanian tradisional lainnya.

Desa Wisata Kasongan

Siapa yang tak kenal dengan desa wisata satu ini. Terletak di pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Desa wisata ini sangat terkenal uniknya, karena konsep yang ditawarkan berbeda dengan desa lain. Desa Wisata Kasongan mengusung konsep pembuatan industri gerabah dan keramik.

Desa ini sangat mencintai seni rupa, jika Anda kemari Anda akan melihat deretan rumah-rumah galeri yang menawarkan barang-barang kerajinan dari gerabah serta dari bahan lainnya seperti guci, lampu hias, pot bunga, miniatur alat transfortasi (becak, sepeda, mobil).

Desa Wisata Nglanggeran

Beralih ke Kabupaten Gunungkidul, terdapat desa wisata cantik yakni Desa Wisata Nglanggeran yang terletak di Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul Yogyakarta. Desa wisata ini menawarkan program live in di rumah penduduk lokal. Desa wisata cantik ini memberikan kesempatan wisatawan untuk berinteraksi dengan penduduk setempat.

Desa Wisata dengan konsep Community Based Tourism ini pernah terpilih sebagai desa wisata terbaik oleh Asean Community Bases Tourism Award 2017. Anda bisa belajar budaya Desa Nglanggeran sperti, membatik topeng, membuat kerjinan dari janur, belajar tari tradisional Jathilan dan Reog, menanam padi di sawah dan lain sebagainya.

Desa Wisata Bejiharjo

Desa Wisata Bejiharjo terletak di Karangmojo, kabupaten Gunungkidul. Desa Wisata ini sangat kaya akan budaya, sejarah, edukasi bahkan wisata. Di desa ini terdapat situs Purbakala Sakoliman, warisan ilmu pengetahuan sejarah manusia purbakala. Ada pula sentra kerajinann blangkon, dan terdapat pula budaya yang sangat langka yaitu Wayang Beber.

Desa wisata ini sangat cantik, terdapat 12 Goal alam yang semuanya memiliki keunikan. Slah satunya Goa Pindul. Goa cantik ini di dalamnya terdapat stalastit terbesar, terbanyak, dan teraktif serta panorama dinding Goa yang menarik. Goa Pindul seringkali dijadikan destinasi wisata favorit para wisatawan.

Desa Wisata Kalibiru

Siapa sih yang tak kenal desa wisata ini? Desa ini seringkali dijadikan obyek wisata favorit yang ingin berfoto cantik, pasalnya desa ini menawarkan sebuah hamparan bukit yang sangat indah dengan hamparan hijau yang berdiri di atas bukit di atas waduk Sermo yang berada di perbukitan Menoreh Kulonprogo.

Desa wisata ini terletak Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo. Saking menariknya obyek wisata cantik di Kalibiru ini terdapat Fotografer dan pemandu foto yang siap mengabadikan foto Anda di ketinggian bukit Kalibiru.

Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo terletak di Kelurahan Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Desa ini menawarkan berbagai pesona alam seperti, Kebun Teh, Hutan Pinus, Hingga Air Terjun. Tak hanya wisata alam. Nglinggo juga kaya dengan wisata budaya. Anda bisa belajar menari lengger, Jathilan, membuat topeng, hingga membatik.

Study Tour Desa Wisata Jogja

Desa Wisata Jogja
http://www.pojoksamber.com/trend-wisata-ke-desa-wisata-di-jogja/

Bagaimana Anda tertarik untuk mengunjungi desa wisata yang disebutkan diatas? Jika Anda tertarik Anda bisa mengunjungi desa wisata manapun yang ingin Anda kunjungi di temani oleh keluarga maupun kawan-kawan Anda.

Nah, bila Anda bingung dan ingin praktis saat melakukan perjalanan ke desa-desa wisata cantik ini, sebaiknya Anda menyewa jasa guide  yang menyediakan paket study tour.

Jika Anda memang berniat untuk memakai jasa guide, Anda bisa langsung menghubungi kami. Tentunya kami menyediakan fasilitas  yang lengkap berupa alat transportasi, penginapan, makanan dan guide yang akan mendampingi dan menceritakan perjalanan Anda. Kami siap melayani dan memberikan yang terbaik untuk Anda.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *