Menjelajahi Keunikan Desa Teletubbies Jogja

Desa Teletubbies — Yogyakarta-kota yang tak ada bosannya untuk dikunjungi, selalu ada inovasi dan kreasi dari penduduknya. Kota gudeg ini terkenal oleh wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara.

Berkunjung ke Yogyakarta, berarti berkunjung ke kota budaya, kota pelajar, kota kuliner dan kota wisata. Ketika memasuki musim liburan kota ini pasti dipadati oleh wisatawan. Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung ke Yogyakarta terutama ketika mengunjungi Candi Prambanan jangan lupa untuk mampir ke Desa Teletubbies.

Tentu Anda masih ingat dengan serial kartun Teletubbies yang terkenal di tahun di 2000-an kan? Tokoh Tinky Winky, Dipsy, Lala, dan Po, yang tinggal di sebuah rumah unik berbentuk separuh bola atau dome selalu terkenang.

Ternyata, di Yogyakarta terdapat sebuah perkampungan yang rumah-rumah penduduknya menyerupai rumah teletubies tersebut. Komplek rumah-rumah tersebut dikenal dengan nama Kompleks Rumah Dome. Namun banyak juga orang yang menyebutnya Desa Teletubbies. Ya, hal ini dikarenakan semua bangunannya berbentuk dome/kubah.

Desa Teletubbies ini terletak di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Desa dengan rumah Teletubbies tersebut dijadikan sebagai desa wisata karena bentuk rumahnya yang unik. Anda penasaran dengan Desa Teletubbies ini? Berikut akan dijelaskan lebih lanjut seputar Desa Teletubbies, check this out!!

Sejarah Desa Teletubbies

Desa Teletubbies Jogja
Sumber Gambar blog.reservasi.com

Tahun 2006 adalah tahun duka bagi warga Yogyakarta, tentunya Indonesia masih ingat dengan gempa bumi yang melanda kota wisata ini. Gempa dengan kekuatan lebih dari 5 skala richter ini mengakibatkan hampir semua rumah warga di Desa Ngelepan rubuh dan tidak bisa ditempati lagi.

Hal inilah yang menyebabkan Pemerintah bekerja sama dengan World Association of Non-governmental Organization (WANGO) dan The Domes for The World Foundation memberikan bantuan berupa rumah kepada penduduk Nglepen pada bulan September 2006. Biaya pembangunan masing-masing rumah dome ini sekitar  80 juta rupiah.

Domes for The World Foundation, sebuah NGO dari AS ini ternyata telah membuat rumah domes di banyak negara, seperti Thailand, Kenya dan India. Nah, rumah-rumah dome di Yogyakarta ini menjadi yang pertama di Indonesia dan tentunya arsitektur rumah ini dirancang tahan gempa dan tahan api.

Donatur tunggal dari pembuatan rumah dome ini adalah Ali Alabar, seorang pemilik Emaar Property Dubai. Rumah Teletubbies ini diresmikan oleh Menteri Pemukiman Hidup, Prof. Dr. Alwi Sihab.

Rumah Teletubbies ini diresmikan pada tanggal 29 April 2007. Perkampungan baru ini kemudian diberi nama New Nglepen. Desa Teletubbies yang ada di Prambanan ini adalah satu-satunya kompleks yang memiliki rumah Dome yang ada di Indonesia dan juga di Asia.

Fasilitas di Desa Teletubbies

desa teletubbies Prambanan
Sumber Gambar jembertraveler.com

Bentuk rumah yang unik membuat Desa Teletubbies ini ramai dikunjungi wisatawan. Kebanyakan dari mereka penasaran akan isi dari rumah dome. Walaupun bentuknya terlihat kecil, ternyata rumah dome ini memiliki beberapa ruang yakni ruang tamu, dapur dan kamar mandi.

Seperti rumah pada umumnya, rumah dome ini terbagi menjadi dua lantai. Lantai atas terdiri dari kayu dengan tangga ulir. Saat panas terik, udara di rumah done terasa dingin sebaliknya ketika hujan lebat penghuninya akan merasa hangat. Ventilasi udara juga tersedia dirumah ini.

Desa Teletubbies ini memiliki luas tanah 2 hektar. Masing-masing rumah unik ini mempunyai diameter 7 meter dengan tinggi 4,6 meter. Dilengkapi 2 pintu, 4 jendela dengan kamar sebanyak 2 buah.

Rumah dome yang ada di Desa Nglepen ini berjumlah 80 rumah, 71 rumah dari keseluruhan tersebut adalah hunian warga, 6 MCK, 1 Masjid, 1 aula dan 1 rumah lagi untuk klinik kesehatan. Semuanya berbentuk Dome baik itu masjid maupun klinik kesehatan.

Desa Teletubbies telah resmi menjadi salah satu destinasi wisata Yogyakarta. Oleh karena itu, dibangun juga sarana tambahan bagi wisatawan yang datang seperti, wahana permainan bagi anak-anak yaitu kereta mini, ayunan, papan seluncur dan jungkat-jungkit.

Pada hari minggu atau hari libur biasanya akan ada badut teletubbies, sehingga wisatawan yang berkunjung bisa mengabadikan moment dengan berselfie  ataupun berfoto bersama keluarga dan teman masing-masing.

Rata-rata pengunjung mengunjungi Desa Teletubbies ini karena ingin melihat dan masuk ke dalam rumah untuk melihat suasana rumah. Bahkan Desa Teletubbies ini memfasilitasi kamar untuk menginap kepada pengunjung yang tertarik. Mereka juga menyediakan area perkemahan untuk pengunjung yang ingin berkemah di dekat rumah Teletubbies tersebut.

Apabila Anda hanya sekedar ingin berkunjung tanpa menginap di Desa Teletubbies ini Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp.3000/orang. Sedangkan bagi Anda yang tertarik untuk bermalam di Desa Teletubis ini Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp. 120.000/orang. Perlu diketahui bahwa semua biaya akan masuk ke dalam dana kas desa.

Lokasi dan Akses Menuju Desa Teletubbies

desa teletubbies Jogjakarta
Sumber Gambar ytimg.com

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Desa Teletubbies ini maka ada baiknya Anda mengetahui lokasi dan akses menuju desa ini. Kompleks perkampungan rumah dome ini terletak tidak jauh dari Istana Ratu Boko, tepatnya di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Akses yang bisa dilalui agar mencapai tempat ini Anda hanya cukup menyusuri jalan raya Prambanan-Piyungan. Nah, apabila Anda datang dari arah Prambanan, setelah melalui kompleks Istana Ratu Boko perhatikan petunjuk arah yang ada di kiri jalan. Dari jalan raya itulah Anda hanya tinggal belok kiri mengikuti petunjuk arah yang tersedia.

Study Tour Yogyakarta: Studi Tour Desa Teletubbies

Bukan hal yang asing lagi jika kota Yogyakarta menjadi kota favorit untuk study tour para pelajar luar kota. Setiap tahunnya pasti banyak berdatangan bus dari luar kota yang mengantarkan para pelajar untuk study tour di Yogya.

Jika Anda memang ingin mengagendakan study tour atau hanya ingin sekedar mengisi liburan sekolah, maka kota Yogya ini merupakan tujuan wisata yang patut menjadi tujuan utama. Sudah jelas bahwa obyek wisata yang menarik dan mengandung unsur sejarah akan menjadi rekomendasi pertama seperti Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan , Borobdur, dan Malioboro.

Kota Yogyakarta ini juga terkenal sebagai kota pendidikan, tak heran banyak siswa yang memimpikan untuk bisa melanjutkan jenjang perguruan tinggi di Yogyakarta, maka dari itu Anda juga bisa berkunjung ke kampus terbaik di Yogyakarta seperti UGM, UNY, UIN, UMY, Politekes dan Kampus lainnya sesuai dengan minat Anda.

Selain berkunjung ke tempat-tempat tersebut,  Anda jangan sampai melewatkan study tour ke Desa Teletubbies. Selagi Anda berkesempatan untuk mengunjungi Yogyakarta, alangkah baiknya Anda mampir ke Rumah Dome Teletubbies ini.

Nah itulah Desa Teletubbies Yogyakarta yang patut Anda jadikan destinasi wisata Anda selama berkunjung ke kota gudeg ini. Bagaimana? Tertarik untuk liburan melihat rumah dome Teletubbies ? Ayo ajak keluarga, teman, atau siapapun untuk ke sini!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *