Berkunjung ke Air Terjun Luweng Sampang, Mengenal Grand Canyon dari Gunung Kidul

Air Terjun Luweng Sampang — Jika kemarin kita membahas Air Terjun Kembang Soka yang berada di Kulon Progo, kali ini kita akan membahas Air Terjun Luweng Sampang yang tak kalah indahnya dengan Air Terjun Kembang Soka.

Grand Canyon dari Gunung Kidul

Air Terjun Luweng Sampang
Sumber Gambar Indonesiatravel.com

Berbicara mengenai pesona Jogja, memang seakan tak ada habisnya, terutama di wilayah Gunung Kidul. Jika selama ini Anda hanya tahu pantai-pantainya saja yang menawan, ternyata sekarang terungkap bahwa terdapat surga baru yang terkuak disana, Air Terjun Luweng Sampang namanya.

Wilayah Gunung Kidul memang memiliki pantai dengan batuan-batuan cadas, dan ternyata air terjun di Luweng Sampang pun dihiasi dengan batuan-batuan cadas yang berwarna putih, terlihat kontras dengan birunya air yang jernih.

Terdapat sesuatu yang unik dari Air Terjun Luweng Sampang. Keunikannya yaitu Anda akan menemukan garis-garis lengkung yang mengikuti struktur dan dua buah batu besar yang cantik mengapit saluran kecil air terjun.

Batuannya terkena erosi air sehingga terkikis alami dan membentuk garis-garis yang cantik. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama dari Air Terjun Luweng Sampang, keindahannya setara dengan Grand Canyon yang ada di Pangandaran. Maka dari itu banyak orang yang menjuluki Air Terjun ini dengan julukan Grand Canyonnya Gunung Kidul.

Air terjun ini memiliki tinggi kurang lebih 5 meter, dengan lebar kurang lebih 1,5 meter. Di sekelilingnya terdapat bebatuan besar hingga terlihat seperti bukit kecil. Banyak orang bilang bahwa keunikan pola bebatuan Air Terjun Luweng Sampang ini memiliki kemiripan dengan batuan The Wave Rock, Arizona, Amerika Serikat.

Asal Usul Nama Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang
Sumber Gambar novaalatif.com

Asal usul nama Luweng Sampang sendiri diambil dari istilah ‘Luweng’ yang berarti lubang, dan ‘Sampang’ yang menjadi nama Desa setempat, yaitu Desa Sampang. Air terjun cantik ini Jl. Juminahan, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Air Terjun Luweng Sampang ternyata juga berbatasan dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dan selain orang menamakan air terjun Luweng Sampang, ada juga masyarakat Klaten yang menamakan air terjun ini adalah Air Terjun Luweng Sampang Gantiwarno.

Menurut penuturan warga sekitar, dahulu kala dibalik Air Terjun Luweng Sampang ini digunakan untuk bertapa oleh Sunan Kalijaga. Walisongo sendiri merupakan penyebar agama Islam di tanah Jawa dan salah satunya adalah Sunan Kalijaga tersebut yang merupakan putra Adipati Tuban yang bernama Tumenggung Wilatika.

Tumenggung Wilatika sendiri adalah murid dari Sunan Bonang. Seperti yang tertulis dalam sejarah, Sunan Kalijaga terkenal sebagai wali yang nguri-uri kebudayaan Jawa. Beliau menggunakan kesenian dan kebudayaan sebagai sarana untuk berdakwah, antara lain kesenian wayang kulit dan juga tembang suluk.

Warna Airnya Selalu Berubah

Air Terjun Luweng Sampang ini terbilang masih perawan karena keasrian dan kealamiannya masih sangat terjaga. Yang menjadi tambahan uniknya, warna Air Terjun Luweng Sampang ini selalu berubah-ubah. Jadi jangan kaget jika Anda mengunjungi destinasi wisata ini untuk kedua kalinya dan melihat warna airnya berbeda dengan sebelumnya.

Ketika memasuki musim penghujan warna airnya sedikit coklat dan membuat kombinasi warna yang cantik dengan bebatuan yang ada di sekitarnya. Sebaliknya, justru pada saat memasuki musim kemarau warna air terjunnya berubah menjadi bening dan tidak kalah bagusnya saat musim penghujan.

Saran kami untuk Anda, yang ingin mengunjungi Air Terjun Luweng Sampang ini sebaiknya Anda datang pada saat musim penghujan karena memang pada saat musim hujan ini debit air terjunnya yang jatuh akan banyak dan deras sehingga sangat terasa sensasinya. Namun, Anda juga dituntut untuk tetap berhati-hati dalam menjaga keselamatan, karena saat musim penghujan ini bebatuan akan menjadi licin dan bisa membuat Anda jatuh terpeleset.

Jangan Lupa Membawa Kamera dan Baju Ganti

air terjun luwengsampang
http://wisatasenibudaya.com/wisata-keren-air-terjun-luweng-sampang-klaten/

Jangan lupa membawa kamera adalah salah satu tips wajib untuk Anda yang ingin mengunjungi Air Terjun Luweng Sampang ini. Karena, Anda tidak akan bisa menahan diri untuk berselfie ria dengan batuan yang berseni tinggi kreasi alam yang indah tersebut.

Jangan lupa membawa baju ganti juga tips untuk Anda jika memang berniat mengunjungi air terjun mirip Grand Canyon ini, karena Anda pasti akan tak tahan jika tidak merasakan segarnya air terjun tersebut.

Di Air Terjun Luweng sampang ini, para pengunjung dapat bermain air dan mandi sepuasnya dikarenakan kolam air yang ada tidak terlalu dalam, selain itu Anda bisa juga melompat dari atas batu dari atas tebing.

Biasanya Air Terjun luweng Sampang ini juga dijadikan destinasi favorit bagi mereka yang melakukan hunting foto prewedding karena memang pemandangannya yang sangat indah. Oh ya, Anda juga diusahakan jangan lupa untuk membawa kamera underwater atau kamera anti air untuk mengabadikan keindahan bawah airnya.

Rute Air Terjun Luweng Sampang

Perlu diketahui bahwa jarak dari kota Yogyakarta ke Air Terjun Luweng Sampang ini kurang lebih 30 km dan kemungkinan dapat ditempuh dalam satu jam perjalanan. Nah untuk itu, kami akan memberikan rute jalan yang dapat Anda tempuh untuk menuju Air Terjun Luweng Sampang ini :

Pertama, dari arah kota Yogyakarta, Anda ambil jalan melalui Ringroad ketandan kemudian ke arah jalan Wonosari, melewati Piyungan, Bukit Bintang, Patuk, kemudian setelah itu Anda akan bertemu dengan perempatan dekat GCD FM, dari situ Anda ambil arah kiri sampai melewati Ngoro-oro Ombo.

Kemudian di depan, Anda akan bertemu dengan perempatan Puskesmas Patuk II, terus ambil jalan lurus sampai bertemu pertigaan padukuhan Semilir  ambil arah ke kiri sampai bertemu pertigaan SDN Belang Terbah, dari situ terus lurus melewati Balai Desa Terbah. Anda akan bertemu dengan pertigaan lagi ambil yang lurus kemudian ikuti jalan ± 3 km letak Luweng Sampang di sebelah kanan jalan.

Rute kedua,dari arah Yogyakarta pilih jalan ke arah Maguo sampai melewati Prambanan, setelah itu dari jalan Jogja Solo ambil arah selatan (kanan). Kemudian Anda akan masuk ke Desa Sampang Gunungkidul sampai melewati Balai Desa Sampang. Kemudian dari situ Anda bisa ikuti jalan ± 2 km. Ambil arah kiri jalan untuk masuk ke Air Terjun Luweng Sampang.

Study Tour Air Terjun Luweng Sampang

air terjun Luwengsampang Jogja
Sumber Gambar reresepan.com

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung dan menelusuri Air Terjun Luweng Sampang yang cantik ini? Jika Anda tertarik silakan ajak teman, keluarga, sahabat, atau siapapun untuk kesini!!

Biasanya ketika Anda ingin berlibur, Anda yang berada diluar kota, selalu dibingungkan dengan kebutuhan saat melakukan perjalanan ke tempat tujuan.

Nah, bila Anda bingung dan tidak mau ribet dengan segala urusan saat melakukan perjalanan ke air terjun ini, sebaiknya Anda menyewa jasa guide  yang menyediakan paket study tour. Jika Anda memang berniat untuk memakai jasa guide, Anda bisa langsung menghubungi kami.

Kami menyediakan fasilitas  yang lengkap berupa alat transportasi, penginapan, makanan dan guide yang akan mendampingi dan menceritakan perjalanan Anda. Kami siap memberikan pelayanan yang terbaik untuk Anda.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *