Air Terjun Kembang Soka, Surga Kecil dari Kulon Progo

Air Terjun Kembang Soka  — Salah satu usaha untuk melepaskan diri dari kepenatan adalah dengan berlibur. Kita terkadang bosan dengan segudang pekerjaan yang menuntut waktu lebih. Alangkah baiknya jika Anda menyempatkan waktu untuk merefresh kembali tubuh Anda.

Air Terjun Kembang Soka
http://www.panoramagirimulyo.com/2016/04/air-terjun-kembang-soka-dan-curug.html

Wisata yang akan kami rekomendasikan untuk Anda kali ini adalah wisata air terjun. Alasannya adalah selain bisa menikmati keindahan air terjun, Anda juga bisa menghirup udara segar dari pemandangan alam sekitar, sehingga ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dengan berkunjung ke air terjun.

Ada banyak tempat air terjun menarik yang bisa Anda kunjungi di Yogyakarta. Salah satunya adalah Air Terjun Kembang Soka. Air terjun ini merupakan salah satu dari wisata air terjun yang banyak dijumpai di Desa Jatimulyo Kulon Progo Yogyakarta.

Pada mulanya air terjun ini hanyalah aliran sungai biasa yang mengalir deras saat musim penghujan. Namun, lama-kelamaan masyarakat sekitar mengetahui potensi alam ini dan mengembangkannya sebagai kawasan wisata berbasis pedesaan.

Surga Kecil Dari Kulon Progo

Air Terjun Kembang Soka bagaikan surga kecil dari Kulon Progo. Surga kecil ini muncul seolah gunung yang menyimpan pusakanya. Air Terjun Kembang Soka telah mampu menghadirkan keindahan tanpa polesan untuk Anda.

Air Terjun Kembang Soka mempunyai keunikan tersendiri yaitu airnya memiliki dua warna berbeda, yaitu warna putih dan hijau toska. Tak hanya airnya saja, bebatuan di sekitar air terjun ini pun memiliki dua warna yang berbeda, batuan dasar sungainya berwarna kuning sedangkan batuan tebing di sebelah kiri air terjun berwarna merah.

Letaknya yang setengah tersembunyi dibalik rimbunan hutan membuat Anda merasakan hijaunya pemandangan yang akan memuaskan mata. Suara gemuruh airnya akan mampu menenangkan jiwa dan pikiran Anda.

Asal Muasal Nama Kembang Soka

Anda mungkin penasaran dengan asal muasal nama kembang soka. Perlu Anda ketahui bahwa kembang soka diambil dari Bahasa Jawa yang berarti bunga soka. Bunga soka ini tumbuh di daerah yang iklimnya tropis.

Nah, sedangkan air terjun terindah di Jogja ini. Dinamakan demikian karena air terjun ini berasal dari mata air yang bernama Kembang Soka, dimana dulunya terdapat pohon Kembang Soka yang ukurannya cukup besar yang airnya mengalir sepanjang tahun dan sampai sekarang masih digunakan warga setempat untuk kebutuhan hidup.

Batu Unik dan Pertemuan Tiga Mata Air

Air Terjun Kembang Soka yang indah ini berada pada lokasi yang paling tinggi dibandingkan dengan air terjun disekitarnya. Tidak heran jika tumpahan airnya sangat deras sehingga bisa dimanfaatkan airnya oleh warga sekitar untuk pengairan atau irigasi.

Ada keunikan tersendiri saat Anda mengunjungi Air Terjun Kembang Soka. Air terjun cantik ini menghadirkan bebatuan yang unik yakni bebatuan di sekitar Air Terjun Kembang Soka memiliki dua warna yang berbeda, batuan dasar sungainya berwarna kuning sedangkan batuan tebing di sebelah kiri air terjun berwarna merah.

Warna terang kekuningan yang muncul dari dasar sungai terlihat saling berkilauan, sementara jika Anda menoleh ke samping tepatnya ke arah tebing di sekitar air terjun, Anda akan menemukan bebatuan berwarna pekat kemerahan.

Perlu Anda ketahui bahwasannya Air Terjun Kembang Soka berasal dari pertemuan tiga mata  air, pertama yaitu mata air Kembang Soka (Toyotombo) yang seperti telah dijelaskan di atas dan dijadikan julukan untuk air terjun cantik ini

Kedua, selain berasal dari mata air Kembang Soka, air terjun indah ini juga berasal dari mata air Tuk Jaran atau warga sekitar mengartikannya sumber rejeki, air terjun ini juga  dijadikan bukan hanya untuk berwisata tetapi juga mencari berkah.

Ketiga, yaitu mata air Kalimiri. Mata air yang membantu memperlancar aliran Air Terjun Kembang Soka. Ketiga mata air ini menjelma menjadi aliran tiga air terjun kecil setinggi kurang lebih 5 meter, 15 meter dan 30 meter. Ketiganya kemudian bertemu pada satu aliran terbesar setinggi kurang lebih 40 meter.

Fasilitas yang Ditawarkan Air Terjun Kembang Soka

Wisata Air Terjun Kembang Asoka
http://direktoriperjalanan.blogspot.co.id/2016/03/air-terjun-kembang-soka-girimulyo.html

Wisata air terjun cantik ini sebenarnya masih terbilang baru dikelola secara serius sebagai obyek wisata yang menjadi potensi pendapatan daerah dibandingkan wisata air terjun lainnya. Wisata air terjun ini baru dibuka pada bulan Desember 2014 lalu. Air terjun Kembang Soka ini langsung disambut suka cita oleh para wisatawan.

Berbicara mengenai fasilitas yang ada di Kembang Soka terbilang cukup baik dan lengkap. Di sana terdapat lahan parkir untuk kendaraan roda empat dan roda dua. Kemudian, terdapat pula kamar ganti yang bisa digunakan oleh para pegunjung.

Ketika Anda sudah puas berenang dan kebetulan lapar, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa penjaja makanan dan minuman yang penataan lapaknya cukup rapi. Terdapat pula tempat pembuangan sampah yang letaknya sangat strategis, dengan harapan wisatawan bisa membuang sampahnya di tempat tersebut.

Wisata air terjun cantik ini keseluruhan wilayahnya cukup luas, yaitu kurang lebih sekitar lima hektar. Disekitar kawasan ini jelas tampak beberapa bagian sekitar kawasan yang masih tertutup hutan dan ada sebagian yang sudah lebih tertata.

Pada salah satu bagian dari lokasi wisata ini juga terdapat beberapa jembatan bambu yang memungkinkan wisatawan dapat lebih dekat ke area sungai. Jembatan ini juga sekaligus membantu mempermudah wisatawan menikmati pemandangan sekitarnya, menjelajah lokasi yang sulit dijangkau pejalan kaki, selain itu, lokasi jembatan bambu ini cukup indah untuk lokasi berfoto.

Rute dan Alamat Air Terjun Kembang Soka

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Kembang Soka, saat ini sudah terbilang lebih mudah, meskipun membutuhkan usaha. Tempat ini beralamat di di Jalan Sermo, Girimulyo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute untuk mencapai ke Air Terjun Kembang Soka terbilang cukup mudah, dari Kota Jogja ambil jalan menuju ke Lampu Lalu Lintas (Bangjo) Ring Road Demak Ijo kemudian ambil arah ke Jalan Godean (arah Barat). Ikuti terus jalan tersebut melewati pasar godean, kemudian menyebrangi Sungai Progo.

Anda akan menemukan perempatan Bangjo Nanggulan, tetap ambil arah barat (lurus) menuju pegunungan menoreh Kulon Progo. Anda akan menemukan jalan yang berkelok-kelok diharapkan untuk berhati-hati.

Jika Anda telah melewati jalan yang berkelok, Anda akan ketemu pertigaan mento, ambil kiri mengikuti arah menuju Gua Kiskendo. Setelah itu, akan ada pertigaan dengan pemandangan hutan Pinus, ambil kiri lalu ikuti jalan tersebut sampai bertemu pertigaan yang ada petunjuk arah menuju Grojogan Mudal. Ambil arah Kiri lalu nanti akan ada gapura Selamat Datang di Air Terjun Kembang Soka.

Study Tour Air Terjun Kembang Soka

study tour Kembang Asoka
http://direktoriperjalanan.blogspot.co.id/2016/03/air-terjun-kembang-soka-girimulyo.html

Anda tertarik untuk mengunjungi surga kecil yang ada di Kulon Progo ini? Jika Anda tertarik Anda bisa mengunjungi Kembang Soka di temani oleh keluarga maupun kawan-kawan Anda. Nah, bila Anda bingung dan ingin praktis saat melakukan perjalanan ke air terjun cantik ini, sebaiknya Anda menyewa jasa guide  yang menyediakan paket study tour.

Jika Anda memang berniat untuk memakai jasa guide, Anda bisa langsung menghubungi kami. Tentunya kami menyediakan fasilitas  yang lengkap berupa alat transportasi, penginapan, makanan dan guide yang akan mendampingi dan menceritakan perjalanan Anda. Kami siap melayani dan memberikan yang terbaik untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *